A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: map

Filename: blog/header.php

Line Number: 18

Backtrace:

File: /home/himasifo/public_html/application/views/blog/header.php
Line: 18
Function: _error_handler

File: /home/himasifo/public_html/application/controllers/Web.php
Line: 66
Function: view

File: /home/himasifo/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

HIMASIF-Belajar Pemrograman Web
  •   (+62) 87755925565

  •     ahmadrizalafani@gmail.com

redpassion_large

Belajar Pemrograman Web

setelah memposting tentang java, kali ini ane kasi tutorial pemrograman Web, pemrograman web banyak macam nya diantaranya ada yang pake jsp (Java), ASP, PHP dan yang paling populer untuk saat ini adalah PHP? mangkanya ane kasi tutorial pemrograman web tentang PHP.. kalo yang pengen ASP atau JSP bisa langsung private ke ane atau nunggu postingan selanjut nya, kira2 berapa lama ya ? hehehe mungkin stahun lagi... wkakakakaka oke, persiapan pertama sebelum anda belajar PHP adalah software XAMPP sebagai Web server dan tentunya di XAMPP sudah ada database Mysql nya yaitu phpmyadmin..

Apakah Anda sedang belajar membuat script CMS sendiri? Jika ya, rasanya belum lengkap deh tanpa fitur yang menampilkan daftar artikel yang terkait dengan sebuah artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung blog. Dengan adanya fitur ini, pengunjung akan diarahkan ke artikel lain yang masih berhubungan dengan artikel yang sedang dibacanya sehingga bisa menambah wawasan lebih bagi mereka. Sedangkan efek positif bagi Anda sebagai pemilik situs adalah meningkatnya impression atau page view situs Anda, dan juga membuat visitor lebih tahan berlama-lama untuk menjelajahi situs Anda.

Apabila Anda menggunakan WordPress atau blogging software yang lain, maka fitur untuk menampilkian artikel terkait ini bisa langsung ditanam menggunakan plugin yang disediakan, misalnya YARPP. Namun, bagi Anda yang membuat CMS sendiri tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu dalam artikel ini, saya akan mencoba memaparkan ide untuk membuat modul script yang menampilkan artikel terkait dengan PHP.

Bagian tersebut digunakan untuk menampilkan daftar artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca. Untuk menampilkan daftar artikel yang terkait dengan artikel ber ID $idartikel, saya menggunakan sebuah function dengan nama artikelTerkait($idartikel) dimana $idartikel adalah parameternya. Function ini saya letakkan di file function.php yang terpisah dari script artikel.php. Kalaupun Anda meletakkan functionnya dalam file yg sama dengan artikel.php juga tidak ada masalah 

Selanjutnya kita tinjau apa isi dari function artikelTerkait(). Dalam contoh ini, keterkaitan artikel yang dimaksud di sini ditinjau dari kemiripan judul artikelnya. Adapun idenya adalah, kita baca semua judul artikel yang ada dalam database kecuali artikel yang menjadi acuan (artikel ber ID $idartikel). Selanjutnya untuk semua judul artikel ini, kita lihat kemiripannya dengan judul dari artikel yang ber ID $idartikel ini. Kita bisa melihat kemiripan dari judul artikel ini menggunakan function similar_text() yang pernah saya bahas di artikel lain tentang uji kemiripan teks.

Kemudian, karena hasil dari penggunakan similar_text() ini berupa angka dalam bentuk prosentase kemiripan, maka sebaiknya kita membuat semacam batas minimal prosentase atau threshold, yang nantinya digunakan untuk memberi batas minimal kemiripannya. Sebagai contoh misalkan daftar artikel terkait yang ditampilkan hanya artikel yang memiliki tingkat kemiripan 50% ke atas. Hal ini berfungsi untuk memfilter mana artikel yang benar-benar mirip atau tidak. Artikel yang jauh dari mirip, akan memiliki prosentase kemiripan kecil. Tapi besar kecilnya threshold ini sepenuhnya terserah Anda, karena Andalah yang menentukan.

Hal yang menjadi pemikiran berikutnya adalah, bagaimana jika jumlah artikel yang terkait itu ada banyak, misalkan ada 100 buah? tentunya tidak mungkin kita tampilkan semua karena halaman page artikelnya bisa jadi penuh dengan judul-judul artikel sehingga tidak menarik bagi pengunjung. Oleh karena itu kita sebaiknya batasi jumlah artikel terkaitnya. Untuk mengimplementasikan hal ini, setiap judul artikel yang kemiripannya di atas threshold, maka kita simpan ke dalam sebuah array. Selama jumlah artikel dalam array tersebut belum memenuhi batas maksimum jumlah artikel nya, maka judul-judul terkait itu bisa ditambahkan dalam array. Setelah proses ini selesai, barulah kita tampilkan list judul artikel terkaitnya yang ada dalam array tersebut.

Sering dalam sebuah aplikasi web khususnya php, kita melakukan operasi database mysql secara berulang. Misal melakukan pengecekan, perhitungan, perbandingan ataupun operasi-operasi umum lainya yang dilibatkan dalam sebuah proses besar. Hal ini sangat tidak efektif karena kita harus menyusunya berulang-ulang yang kadang berujung pada sulitnya melakukan pengembangan. Pada tulisan ini saya akan berbagi trik jitu agar masalah diatas bisa teratasi dengan mudah.

Sebelum saya kasih tricknya saya kasih gambaran dulu masalahnya.

Misal anda ingin membangun sebuah aplikasi pegawai. Dalam aplikasi pegawai tersebut anda akan melakukan banyak proses pengecekan keberadaan pegawai, jumlah pegawai berdasar gender, jumlah pegawai berdasar umur, jumlah pegawai yang sudah menikah dll. Untuk melakukan hal-hal tersebut diatas, tentunya dalam programming php anda akan melakukan proses secara berulang, yang tentunya harus menyusun script php lumayan banyak.

About the author

  • Shohiful Faidilah
  • Web Developer

Seorang yang bergelut dalam dunia Fotografi dan videografi

Comments

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: komentar

Filename: blog/detail.php

Line Number: 215

Backtrace:

File: /home/himasifo/public_html/application/views/blog/detail.php
Line: 215
Function: _error_handler

File: /home/himasifo/public_html/application/controllers/Web.php
Line: 67
Function: view

File: /home/himasifo/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: blog/detail.php

Line Number: 215

Backtrace:

File: /home/himasifo/public_html/application/views/blog/detail.php
Line: 215
Function: _error_handler

File: /home/himasifo/public_html/application/controllers/Web.php
Line: 67
Function: view

File: /home/himasifo/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Leave a Reply

Send